Dear Mom,
Disini saya akan membahas tentang gerakan- gerakan kasar dan halus, emosi, sosial,perilaku dan bicara yang harus dicapai anak sesuai dengan usianya agar orang tua bisa mendeteksi dan melakukan penanganan dini, untuk meningkatkan kualitas SDM kelak.
1. Dari lahir- 3 bulan
- belajar mengangkat kepala
- belajar mengikuti objek dengan matanya
- melihat kemuka orang yag tersenyum
- bereaksi terhadap suara dan bunyi
- mengenal ibunya dengan penglihatan, penciuman, pendengaran, dan kontak
- menahan barang yang dipegangnya
- mengoceh spontan atau bereaksi dengan mengoceh
2. Dari 3- 6 bulan
- mengangkat kepala 90 derajat dan mengangkat dada dengan bertopang tangan
- mulai belajar meraih benda- benda yang ada dalam jangkauannya atau diluar jangkauannya
- menaruh benda- benda dimulut
- berusaha memperluas lapangan pandangan
- tertawa dan menjerit karena gembira bila diajak bermain
- mulai berusaha mencari benda- benda yang hilang
3. Dari 6- 9 Bulan
- dapat duduk tanpa dibantu
- dapat tengkurap dan berbalik sendiri
- dapat merangkak meraih benda atau mendekati seseorang
- memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain
- memegang benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuk
- bergembira dengan melempar- lempar benda
- mengeluarkan kata- kata yang tanpa arti
- mengenal muka- muka anggota keluarga dan takutkepada orang asing/lain
- mulai berpasrtisipasi dalam permainan tepuktangan dan sembunyi- sembunyian
4. Dari 9 -12 Bulan
- dapat berdiri sendiri tanpa dibantu
- dapat berjalan dengan dituntun
- menirukan suara
- mengulang bunyi yang didengarnya
- belajar menyatakan satu atau dua kata
- mengerti perinta sederhana atau larangan
- memperlihatkan minat yang besar dalam mengekplorasi sekitarnya, ia ingin menyentuh apa saja dan memasukkan benda- benda kemulutnya
- berpartisipasi dalam permainan
5. Dari 12- 18 Bulan
- berjalan dengan mengekplorasi rumah serta sekeliling rumah
- menyusun 2 atau 3 kotak
dapat mengatakan 5- 10 kata
- memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing
6. Dari 18- 24 Bulan
- naik turun tangga
- menyusun 6 kotak
- menunjuk mata dan hidungnya
- menyusun 2 kata
- belajar makan sendiri
- menggambar garis dikertas atau pasir
- mulai belajar mengontrol buang air besar dan buang air kecil
- menaruh minat kepada apa yang dikerjakan oleh orang- orang yang lebih besar
- memperlihatkan minat kepada anak- anak lain dan bermain dengan mereka
7. Dari 2- 3 tahun
- belajar meloncat, memanjat, melompat denga satu kaki
- membuat jembatan dengan 3 kotak
- mampu menyusun kalimat
- memperguanakan kata- kata saya, bertanya, mengerti kata- kata yang ditunjukkan kepadanya
- menggambar lingkaran
- bermain bersama dengan anak lain dan menyadari adanya lingkungan lain di keluarganya
8. Dari 3- 4 tahun
- berjalan- jalan sendiri
- belajar membuka dan berpakaian sendiri
- menggambar garis silang
- menggambar orang hanya kepala dan badan
- mengenal 2 atau 3 warna
- bicara dengan baik
- menyebut namanya, jenis kelamin dan umurnya
- banyak bertanya
- bertanya bagaimana anak dilahirkan
mengenal sisi atas, bawah, muka, dan belakang
- mendengarkan cerita- cerita
- bermain dengan anak lain
- menunjukkan rasa sayang kepada sudara- saudaranya
- dapat melaksanakan tugas- tugas sederhana
9. Dari 4- 5 Tahun
- melompat dan menari
- menggambar orang terdiri dari kepala, lengan, badan
- menggambar segi empat dan segitiga
- pandai bicara
- dapat menghitung jari- jarinya
- dapat menyebut hari- hari dalam seminggu
- mengulang dan mendengar hal-hal penting dan cerita
- minat kepada kta baru dan artinya
- memprotes bila dilarang apa yang didinginkannya
- mengenal 4 warna
- memperkirakan bentuk dan besarnya benda, membedakan besar dan kecil
- menaruh minat pada aktivitas orang dewasa
Tumbuh kembang setiap anak memang berbda- beda, tergantung stimulasi yang diberikan oleh orang tua. oleh karena itu, orang tua sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan si anak untuk menghasilkan SDM yang aktif dan kompetitif.
Disini saya akan membahas tentang gerakan- gerakan kasar dan halus, emosi, sosial,perilaku dan bicara yang harus dicapai anak sesuai dengan usianya agar orang tua bisa mendeteksi dan melakukan penanganan dini, untuk meningkatkan kualitas SDM kelak.
1. Dari lahir- 3 bulan
- belajar mengangkat kepala
- belajar mengikuti objek dengan matanya
- melihat kemuka orang yag tersenyum
- bereaksi terhadap suara dan bunyi
- mengenal ibunya dengan penglihatan, penciuman, pendengaran, dan kontak
- menahan barang yang dipegangnya
- mengoceh spontan atau bereaksi dengan mengoceh
2. Dari 3- 6 bulan
- mengangkat kepala 90 derajat dan mengangkat dada dengan bertopang tangan
- mulai belajar meraih benda- benda yang ada dalam jangkauannya atau diluar jangkauannya
- menaruh benda- benda dimulut
- berusaha memperluas lapangan pandangan
- tertawa dan menjerit karena gembira bila diajak bermain
- mulai berusaha mencari benda- benda yang hilang
3. Dari 6- 9 Bulan
- dapat duduk tanpa dibantu
- dapat tengkurap dan berbalik sendiri
- dapat merangkak meraih benda atau mendekati seseorang
- memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain
- memegang benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuk
- bergembira dengan melempar- lempar benda
- mengeluarkan kata- kata yang tanpa arti
- mengenal muka- muka anggota keluarga dan takutkepada orang asing/lain
- mulai berpasrtisipasi dalam permainan tepuktangan dan sembunyi- sembunyian
4. Dari 9 -12 Bulan
- dapat berdiri sendiri tanpa dibantu
- dapat berjalan dengan dituntun
- menirukan suara
- mengulang bunyi yang didengarnya
- belajar menyatakan satu atau dua kata
- mengerti perinta sederhana atau larangan
- memperlihatkan minat yang besar dalam mengekplorasi sekitarnya, ia ingin menyentuh apa saja dan memasukkan benda- benda kemulutnya
- berpartisipasi dalam permainan
5. Dari 12- 18 Bulan
- berjalan dengan mengekplorasi rumah serta sekeliling rumah
- menyusun 2 atau 3 kotak
dapat mengatakan 5- 10 kata
- memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing
6. Dari 18- 24 Bulan
- naik turun tangga
- menyusun 6 kotak
- menunjuk mata dan hidungnya
- menyusun 2 kata
- belajar makan sendiri
- menggambar garis dikertas atau pasir
- mulai belajar mengontrol buang air besar dan buang air kecil
- menaruh minat kepada apa yang dikerjakan oleh orang- orang yang lebih besar
- memperlihatkan minat kepada anak- anak lain dan bermain dengan mereka
7. Dari 2- 3 tahun
- belajar meloncat, memanjat, melompat denga satu kaki
- membuat jembatan dengan 3 kotak
- mampu menyusun kalimat
- memperguanakan kata- kata saya, bertanya, mengerti kata- kata yang ditunjukkan kepadanya
- menggambar lingkaran
- bermain bersama dengan anak lain dan menyadari adanya lingkungan lain di keluarganya
8. Dari 3- 4 tahun
- berjalan- jalan sendiri
- belajar membuka dan berpakaian sendiri
- menggambar garis silang
- menggambar orang hanya kepala dan badan
- mengenal 2 atau 3 warna
- bicara dengan baik
- menyebut namanya, jenis kelamin dan umurnya
- banyak bertanya
- bertanya bagaimana anak dilahirkan
mengenal sisi atas, bawah, muka, dan belakang
- mendengarkan cerita- cerita
- bermain dengan anak lain
- menunjukkan rasa sayang kepada sudara- saudaranya
- dapat melaksanakan tugas- tugas sederhana
9. Dari 4- 5 Tahun
- melompat dan menari
- menggambar orang terdiri dari kepala, lengan, badan
- menggambar segi empat dan segitiga
- pandai bicara
- dapat menghitung jari- jarinya
- dapat menyebut hari- hari dalam seminggu
- mengulang dan mendengar hal-hal penting dan cerita
- minat kepada kta baru dan artinya
- memprotes bila dilarang apa yang didinginkannya
- mengenal 4 warna
- memperkirakan bentuk dan besarnya benda, membedakan besar dan kecil
- menaruh minat pada aktivitas orang dewasa
Tumbuh kembang setiap anak memang berbda- beda, tergantung stimulasi yang diberikan oleh orang tua. oleh karena itu, orang tua sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan si anak untuk menghasilkan SDM yang aktif dan kompetitif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar Yang Bijak dan Tidak Menyinggung
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda